Hadits Tentang Ad-Din

shahih bukhori 3

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, ia berkata: Pada suatu hari Rasulullah Saw. tampak di tengah-tengah orang banyak lalu ada seorang laki-laki datang kepada beliau kemudian bertanya, “Wahai Rasulullah! apakah iman itu?” Beliau menjawab, “Iman adalah hendaklah kau beriman kepada Allah, beriman kepada malaikat-Nya, beriman kepada kitab-Nya, beriman bahwa kamu akan bertemu dengan-Nya, beriman kepada para rasul-Nya, dan kau beriman dengan adanya hari kebangkitan di akhirat.” Lelaki itu bertanya lagi, “Wahai Rasululah! Apakah Islam itu?”

Beliau menjawab, “Hendaklah kamu menyembah Allah tanpa mempersekutukan-Nya dengan apapun, kau dirikan salat wajib, kau tunaikan zakat yang diwajibkan, dan kau lakukan puasa Ramadhan.” Laki laki itu bertanya lagi, “Wahai Rasulullah! Apakah ihsan itu?” Beliau menjawab, “Hendaklah kamu menyembah Allah seolah olah kamu melihat-Nya, meskipun kamu tidak melihat-Nya, sesungguhnya Dia melihatmu.” Laki-laki itu bertanya lagi, “Wahai Rasulullah! Kapankah hari kiamat itu?” Beliau menjawab, “Orang yang ditanya tentang itu tidak lebih tahu dari pada penanya, tetapi akan saya beritahukan kepadamu tanda-tandanya. Apabila budak perempuan melahirkan majikannya maka itulah di antara tanda-tanda hari kiamat, apabila orang telanjang dan tidak beralas kaki menjadi pemimpin manusia maka itulah di antara tanda-tanda kiamat, dan apabila para penggembala telah bermewahan dengan gedung-gedung yang megah maka itulah di antara tanda-tanda kiamat. Ada lima perkara yang tidak diketahui kecuali oleh Allah.” Kemudian Rasulullah Saw. membaca ayat (yang artinya): Sesungguhnya Allah memiliki pengetahuan tentang kiamat, Dialah yang menurunkan hujan, Dia mengetahui apa yang ada di dalam rahim, tidak ada seorangpun yang bisa mengetahui (secara pasti) apa yang akan dikerjakannya besok, dan tidak ada seorangpun yang bisa mengetahui di bumi mana ia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal (TQS.Luqman: 34).

kiamat 1Kemudian laki-laki itu meninggalkan tempat/menyingkir, lalu Rasulullah Saw. bersabda, “Bawalah kembali laki-laki itu kepadaku!” Maka para sahabat pun berusaha membawanya kembali tetapi mereka tidak melihat apapun, maka Rasulullah Saw. bersabda, “Dia itu adalah Jibril yang datang mengajarkan agama kepada manusia.”

[Hadis ini juga diriwayatkan oleh Al-Bukhari, nomor hadis: 50].

Sumber Gambar:

1. http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:e0c0DpF-6cE29M:http://www.ahlimasjid.com/images/06-kitab-Hadith.jpg

2. http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:jQTsrhLe3oOs9M:http://misteridunia.files.wordpress.com/2008/10/thegreatdeluge-1.jpg

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s